Virtual Reality (VR) menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kalangan gamer. Namun, selain digunakan untuk bermain game, VR juga memiliki banyak potensi di bidang-bidang lain seperti pendidikan, kesehatan, dan bisnis.
Salah satu fitur yang membuat VR semakin menarik adalah hand tracking VR. Hand Tracking VR dapat mengontrol tangan virtual kita dalam dunia virtual tanpa perlu menggunakan controller atau kumpulan tombol.
Lalu, apa itu hand tracking VR? Bagaimana cara kerja hand tracking VR? Dalam artikel ini kami akan membahasnya dengan lengkap. Plus, kami akan memaparkan peluang dan tantangan penggunaan hand tracking VR.
Apa Itu Hand Tracking VR
Hand tracking VR adalah teknologi yang memungkinkan Anda untuk mengontrol tangan virtual Anda dalam dunia virtual imersif tanpa perlu menggunakan controller.
Teknologi ini memungkinkan VR untuk menjadi lebih immersif dan natural dalam hal interaksi antara pengguna dan dunia virtual. Sebab sebelumnya, pengguna VR harus menggunakan controller untuk berinteraksi dengan dunia virtual, seperti mengambil objek atau menekan tombol.
Namun, dengan hand tracking VR, pengguna dapat mengontrol tangan virtual mereka dengan gerakan tangan yang sebenarnya.
Hand Tracking dalam Meta Quest Pro
Anda dapat menggunakan hand tracking dengan VR headset yang mendukung, yaitu Meta Quest Pro. Meta Quest Pro adalah headset Virtual Reality yang dilengkapi dengan teknologi hand tracking.
Hand Tracking bekerja dengan menggunakan kamera inside-out pada headset Meta Quest. Headset Anda akan mendeteksi posisi dan orientasi tangan dan konfigurasi jari Anda. Setelah terdeteksi, algoritma komputer akan melacak gerakan dan orientasi tangan Anda.
Sebagai contoh, Anda melakukan gerakan zoom in pada layar ponsel yang menghubungkan Anda dengan dunia virtual. Kamera headset VR akan mendeteksi posisi dan konfigurasi jari Anda. Lalu mengenali posisi tersebut sebagai gerakan zoom in. Jadi Anda akan mendapatkan tampilan layar lebih besar setelah melakukan gerakan tersebut.
Dengan teknologi ini, pengguna dapat mengontrol tangan virtual mereka dengan gerakan tangan yang sebenarnya tanpa perlu menggunakan controller. Hal ini membuat pengalaman VR semakin natural dan immersif.
Peluang Penggunaan Hand Tracking VR dalam Berbagai Bidang
Penggunaan teknologi hand tracking dapat memudahkan kegiatan dalam berbagai bidang. Berikut ini adalah peluang penggunaan hand tracking VR yang perlu Anda ketahui:
Bidang Hiburan
Anda dapat menggunakan hand tracking untuk bermain game VR dengan cara yang lebih natural dan immersif. Pengguna dapat mengontrol tangan virtual mereka dengan gerakan tangan yang sebenarnya, sehingga memberikan pengalaman gaming yang lebih realistis.
Bidang Pendidikan
Teknologi hand tracking memungkinkan Anda membuat pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Misalnya, dalam pembelajaran anatomi, siswa dapat mengontrol tangan virtual mereka untuk memeriksa bagian-bagian tubuh dengan lebih detail.
Bidang Kesehatan
Dapat memudahkan proses rehabilitasi pasien dengan cedera tangan. Misalnya, pasien dapat melakukan latihan rehabilitasi dalam dunia virtual menggunakan tangan virtual mereka. Contohnya untuk menyelesaikan game kegiatan sehari-hari seperti meletakkan atau menegakkan sebuah objek.
Saat ini banyak penerapan hand tracking di bidang kesehatan. Salah satunya VINERA milik ARUVANA.
VINERA adalah produk pengaplikasian teknologi VR pertama di Indonesia yang hadir untuk membantu pelatihan “home therapy” bagi penderita stroke.
Sebagai pelopor motion hand tracking, fitur andalan VINERA terletak pada Vana Motion, yaitu motion hand tracking yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan dunia virtual tanpa bergantung pada controller dari headset Virtual Reality sehingga pengguna dapat menggunakannya secara langsung dan menjalankan sendiri perangkat VR dengan lebih mudah.
Baca Juga: Penerapan VR untuk Rehabilitasi Syaraf dan Fisik
Bidang Bisnis
Dapat menonjolkan sisi unik presentasi produk Anda yang sudah interaktif dan menarik. Sebagai contoh dalam presentasi produk ada produk 3D yang dengan informasi detil. Mulai dari packaging dan lapisan produk. Pengguna dapat menggunakan tangan virtual mereka untuk memeriksa detil produk secara 3D.
Bidang Seni
Teknologi hand tracking dapat digunakan untuk membuat karya seni dan kreatif dengan cara yang lebih natural. Misalnya, seniman dapat menggunakan tangan virtual mereka untuk membuat sketsa atau lukisan dalam dunia virtual. Hal ini dapat mempercepat pengerjaan karya seni.
Bidang Olahraga
Pengalaman olahraga dan kebugaran bisa jadi lebih menyenangkan dan interaktif dengan teknologi hand tracking. Sebab pengguna dapat melakukan latihan tangan virtual dalam dunia virtual. Contohnya seperti melempar bola voli, menggunakan raket dan melakukan lempar cakram.
Bidang Arsitektur dan Desain
Para arsitek dan desainer dapat menggunakan teknologi hand tracking untuk membuat desain arsitektur dan produk yang lebih interaktif dan realistis. Sebagai contoh mereka memiliki sketsa digital awal. Mereka bisa menggambar desain virtual secara lebih rinci dengan hand tracking yang lebih fleksibel.
Tantangan Penggunaan Hand Tracking VR
Tantangan utama dalam menggunakan hand tracking adalah akurasi dan keamanan. Meskipun teknologi ini semakin canggih, namun masih ada beberapa situasi di mana tangan virtual dapat melakukan gerakan yang tidak sesuai dengan gerakan tangan yang sebenarnya. Selain itu, teknologi VR satu ini juga membutuhkan banyak data visual dan algoritma yang kompleks untuk mengenali gerakan tangan yang berbeda-beda.
Hand tracking adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk mengontrol tangan virtual kita dalam dunia virtual tanpa perlu menggunakan controller. Meskipun masih memiliki tantangan dalam hal akurasi dan keamanan, namun manfaat dari teknologi ini sangat banyak dalam berbagai bidang.
Dengan semakin canggihnya teknologi, kita dapat mengharapkan pengalaman VR yang semakin natural dan immersif di masa depan. Tentu Anda perlu mempelajari Virtual Reality dahulu sebelum mempersiapkan penggunaannya.
Tenang saja, kami punya informasi lengkap tentang seluk beluk teknologi VR dalam blog kami.