Hari raya Imlek jadi ajang brand besar dunia untuk memamerkan inovasi teknologi. Salah satunya, kampanye AR dari McDonalds edisi perayaan Imlek.
McDonalds merayakan tahun kelinci kali ini dengan cara menggabungkan teknologi AR dan VR dengan teknologi NeRF. McDonalds menggunakan kombinasi teknologi itu untuk membuat video kampanye tentang budaya tradisional Asia.
Nah, sebenarnya, apa itu NeRF? Lalu, seperti apa kampanye AR dari McDonalds dijalankan? Simak saja artikel ini sampai selesai.
Apa itu NeRF?
Neural Radiance Field atau NeRF adalah sebuah jaringan teknologi yang mengubah gambar video 2D menjadi video 3D yang kompleks. Tak hanya itu, NeRF juga bisa mengubah cuplikan pendek video 2D jadi video 3D Augmented Reality dengan alur yang lebih lengkap.
Teknologi NeRF memiliki kemampuan rendering dan penyempurnaan gambar yang sangat detail. Oleh karena itu, McDonalds menggunakannya untuk kampanye AR dan VR khusus edisi Imlek.
Lalu bagaimana cara kerja NeRF untuk teknologi VR?
Teknologi NeRF akan menerima input berupa potongan video 2D. Setelah itu NeRF akan melakukan rendering gambar menjadi video 3D. Lalu gambar tersebut akan disusun menjadi satu kesatuan video 3D kompleks dengan alur utuh.
Begini Cara McDonalds Melakukan Kampanye AR dan VR
McDonalds mengombinasikan NeRF dengan teknologi AR dan VR. Lebih tepatnya, McDonalds menggunakan filter AR dan teknologi VR. Tujuannya supaya pelanggan dapat berinteraksi dengan dunia Metaverse.
Pertama-tama, pelanggan setia McDonalds akan diajak untuk menikmati filter Augmented Reality. Tema dari filter AR tersebut adalah peralihan dari Tahun Macan (2022) ke Tahun Kelinci (2023). Setelah itu, pelanggan setia akan diajak masuk ke Metaverse untuk melihat bentuk budaya Asia dengan pengalaman imersif.
Untuk menciptakan konten kampanye AR dan VR, McDonald\’s bekerjasama dengan Karen X Cheng. Cheng adalah kreator digital berbakat yang berkolaborasi dengan banyak selebriti. Video viralnya telah ditonton lebih dari 500 juta kali. Selain itu, Cheng telah terdaftar dalam Inc\’s 30 Under 30 dan Adweek\’s Creative 100.
McDonalds memilih Cheng karena dia telah membuat berbagai media kampanye teknologi VR yang berkualitas. Beberapa diantaranya adalah video AR dance game untuk Metaverse dan sampul majalah berbasis Artificial Intelligence.
Beberapa video miliknya yang paling populer termasuk belajar menari dalam setahun, membuat sampul majalah dengan kecerdasan artifisial pertama, dan membuat video tarian VR untuk metaverse. Kemitraan antara dia dan McDonald\’s menandai kemitraan brand resmi pertama Cheng.
Kampanye AR dan VR McDonalds untuk Rayakan Imlek
Lalu apa saja kampanye AR dan VR McDonalds untuk menyambut perayaan Imlek tahun 2023? Simak daftar di bawah ini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi dalam inovasi bisnis Anda.
Filter Augmented Reality Bertema Kalender Cina
Karen X Cheng membuat visual AR untuk filter AR berupa hewan-hewan dalam kalender cina. Pada Imlek kali ini, Cheng memadukan visual macan dengan visual kelinci. Pelanggan setia McDonalds bisa mencoba filter AR itu di ponsel mereka melalui aplikasi McDonalds.
Metaverse Bertema Budaya Tradisional Asia
McDonalds juga menciptakan Metaverse bertema budaya tradisional Asia dengan elemen futuristik. Misalnya seperti patung 3D dari 12 zodiak hewan di Cina.
Pelanggan dapat mengakses Metaverse tersebut melalui headset VR, ponsel, tablet dan PC mereka masing-masing. Mereka bisa mulai memasuki Metaverse dengan teknologi tersebut mulai 25 Januari hingga 2 Februari.
Iklan Berbasis Artificial Intelligence
Iklan futuristik McDonalds menggunakan teknologi NeRF (neural radiance field) untuk menciptakan pemandangan 3D yang utuh. Caranya berkolaborasi dengan teknologi AR.
Pelanggan setia dapat menggunakan ponsel cerdas untuk memindai kode QR di sebuah layar. Kemudian mereka dapat menikmati karya seni 3D dalam bentuk filter AR interaktif.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Marketing Berbasis VR
Ini bukan pertama kalinya McDonald\’s menciptakan pengalaman virtual yang keren seputar budaya dan warisan. Pada tahun 2022, mereka membuat galeri \”McDonald\’s Hall of Zodiacs: Tahun Baru Imlek 2022 oleh Humberto Leon\” di AltspaceVR dan Spatial.
McDonalds juga mengajukan 10 aplikasi merek dagang yang memungkinkan Anda memesan makanan dari menu mereka di Metaverse untuk mengirimkannya ke rumah Anda di dunia nyata.
Jika Anda punya bisnis makanan atau restoran, inovasi McDonalds mungkin bisa Anda contoh dengan menerapkan beberapa modifikasi yang lebih sederhana. Kami punya beberapa contohnya, Anda bisa membaca artikel kami berikut ini > 3 Contoh Augmented Reality dalam Industri Makanan